Panduan Membuat WebsiteUncategorized

WordPress.org Kenali Sebelum Menggunakannya

WordPress merupakan platform untuk membuat website yang paling populer saat ini. Wajar saja, karena WordPress menyediakan fitur-fitur yang lengkap serta lebih mudah dalam penggunaannya. Banyak perusahaan-perusahaan besar yang menggunakan WordPress, jadi bukan hanya blog pribadi saja yang menggunakannya.

Karena sangat populer, maka banyak sekali tips-tips dan tutorial WordPress bertebaran di internet. Dengan demikian kita semakin mudah menemukan solusi ketika mendapat masalah dalam menjalankan WordPress. Sebelum kita mulai membuat website dengan platform WordPress, sebaiknya baca tulisan ini sampai tuntas.

Perlu diketahui bahwa WordPress itu dibagi manjadi dua, yaitu WordPress.com dan WordPress.org. Jika menggunakan WordPress.com, maka kita akan mendapatkan hosting dan domain secara gratis. Namun mempunyai keterbatasan dalam penggunaannya. Sebaliknya jika menggunakan WordPress.org, kita lebih leluasa dalam penggunaannya. Mungkin disini saya akan menjelaskan sedikit perbedaan-perbedaannya.

Baca juga: Cara Membuat Website Gratis di Layanan WordPress

1. Modal

Pada dasarnya WordPress adalah sebuah software open source, jadi kita bisa menggunakan, modifikasi dan mendistribusikannya secara bebas. Jadi secara umumnya antara WordPress.com dan WordPress.org itu gratis.

Berbeda dengan WordPress.org, kita membutuhkan modal untuk sewa hosting dan domainnya. Jadi biaya yang dikeluarkan bukan untuk WordPress, melainkan untuk penyedia hosting. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa WordPress.com dan WordPress.org sama-sama gratis.

WordPress.com sudah menyediakan hosting dan domain secara gratis, tetapi memiliki keterbatasan. Jadi kita tidak memerlukan modal ketika menggunakan flatform ini, tapi yang namanya gratis pasti terbatas dan sudah menjadi hal yang wajar.

2. Domain

Penjelasan terperinci tentang domain bisa Anda baca di artikel saya yang berjudul Apa itu Domain? Pentingnya Domain Dalam Pembuatan Website.

WordPress.com sudah menyediakan domain secara gratis, hanya saja kita hanya mendapatkan sub domain wordpress.com. Sebagai contohnya “www.namasaya.wordpress.com”, sehingga terlihat kurang variatif.

Sedangkan untuk WordPress.org, kita bisa menggunakan ekstensi yang lebih bervariatif. Namun kita membutuhkan modal untuk mebelinya pada penyedia domain, sehingga website terlihat lebih profesional. Sebagai contoh “www.blogsaya.com”.

3. Hosting

Sedangkan WordPress.org kita bisa bebas memilih kapasitasnya sesuai keinginan kita. Namun semakin besar penyimpanan yang kita pilih, maka akan semakin besar pula modal yang kita keluarkan untuk penyedia hosting.

Untuk mengenal hosting lebih detail, silakan baca postingan saya tentang Apa Itu Hosting? Seberapa Penting Perannya

4. Tema

Hosting yang disediakan oleh WordPress.com itu terbatas, hanya disediakan sebesar 3 GB. Dengan kapsitas penyimpanan sebesar itu, kita tidak leluasa untuk mengunggah file pada website. Sebingga kita akan berfikir dua kali jika inggin mengunggah file-file yang agak besar.

WordPress.com hanya mengizinkan menggunakan tema miliknya, mereka tidak mengizinkan pengguna untuk menggunakan tema dari pihak mana pun. Berbeda dengan WordPress.org yang mengizinkan untuk menggunakan tema dari mana saja.

Jadi dengan WordPress.org kita lebih leluasa dalam berkreasi dalam mendesain tampilan website. Karena tampilan website salah satu faktor penting ketika kita membangun sebuah website.

5. Plugin

Selain tema, WordPress.com juga melarang kita untuk menggunakan plugin, baik itu plugin gratis maupun yang berbayar. Jadi dengan ketentuan seperti itu, maka website akan tertinggal dan kurang power full performanya.

Jika sudah memahaminya dan ingin mulai membuat website, maka baca juga artikel tentang Postingan yang Baik dan Cara Penulisannya.

Semua pilihan ada ditangan anda, masing-masing memiliki kekurangan dan kelebihan. Jadi sesuaikan dengan kebutuhan anda saat ini.

Show More

Uji Yadi

Seorang amatiran yang selalu ingin belajar serta senang berbagi kepada siapa pun

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close