Xiaomi

Root Redmi 4a MIUI 8 dan MIUI 10 Jaminan Sukses

Pada postingan kali ini saya akan mengupas masalah seputaran bagaimana cara root redmi 4a, salah satu varian yang dikeluarkan oleh Xiaomi. Namun sebelum Anda melakukan root xiaomi redmi 4a ini, Anda juga harus memahami terlebih dahulu kelebihan dan kekurangan smartphone yang sudah di root.

Tujuannya agar dapat menyesuaikan smartphone Anda sebelum dan sesudah root. Mungkin Anda yang gemar bermain game lewat smartphone dan yang suka merubah gaya tampilan, maka sudah tidak asing lagi dengan aktivitas rooting. Sebagai referensi untuk Anda, saya sudah menyiapkan artikel tentang kelebihan dan kekurangan samartphone dengan status root.

Xiaomi merupakan pabrikan smartphone baru yang berpusat di China. Pada tahun 2010 yang lalu, Xiaomi yang di dirikan oleh Lei Jun juga ikut meramaikan pasaran smartphone di Indonesia. Nyatanya, meskipun Xiaomi sebagai pendatang baru dalam pemasaran smartphone tetapi produk mereka cukup sukses menarik pasar di Negara kita ini.

Salah satu produk yang paling dicari di Idonesia adalah Xiaomi redmi 4a. Sebab seri redmi 4a ini di gadang-gadang mampu bersaing dengan produk entry level yang ada di Indonesia. Memang isu tersebut dibuktikan dengan spesifikasi Xiaomi redmi 4a yang menggunakan chipset snapdragon dari Qualcomm. Selain itu redmi 4a di persenjatai dengan RAM 2GB dan 3GB, serta kamera belakang sebesar 13MP.

Anda bisa melihatnya lebih lengkap pada artikel spasifikasi Xiaomi redmi 4a yang sudah saya terbitkan.

Jika ingin sukses melakukan root redmi 4a ini, maka ada tahapan-tahapan yang wajib di lakukan. Jika melewati salah satu dari tahapnya, maka bisa di pastikan akan gagal dalam pemasangan twrp dan root xiaomi redmi 4a Anda. Untuk itu, Anda harus baca dan pahami dulu baru kemudian mencobanya agar sukses dalam prakteknya.

Cara ini sudah saya tes di beberapa xiaomi redmi 4a dan 100% sukses, baik itu MIUI 8 maupun MIUI 10. Tapi ada sedikit perbedaan filenya antara MIUI 8 dan MIUI 10 agar bisa berjalan dengan sempurna.

Baiklah, kita mulai saja langkah demi langkahnya.

Cek Status Bootloader Redmi 4a

Sebagai langkah awal Anda harus mengetahui terlebih dahulu status bootloader redmi 4a Anda.

Apa itu Bootloader?

Bootloader merupakan paket awal untuk booting kernel sistem operasi. Jadi tanpa Bootloader OS MIUI tidak akan bisa berjalan. Bootloader sendiri terbagi menjadi tiga kategori, yaitu lock bootloader, unlock bootloader, dan relock bootloader. Karena kita ingin melakukan pemasangan twrp dan root redmi 4a ini, maka status bootloadernya harus sudah terbuka kuncinya (unlock bootloader).

Bagaimana cara cek status bootloader?

Untuk mengetahui status bootloader redmi 4a bisa dilakukan dengan dua cara. Yang pertama Anda bisa lihat di status MIUI pada menu pengaturan, pengaturan lainnya, pilihan pengembang status MIUI. Cara yang kedua dengan metode adb fastboot. Masuk ke mode fastboot redmi 4a dengan cara menekan volume bawah dan power secara bersamaan, lalu koneksikan ke laptop, buka cmd adb dan fastboot, lalu ketikan perintah “fastboot oem device-info“.

Jika status device unlocknya “true” artinya status bootloadernya sudah terbuka kuncinya. Jika statusnya “false” maka bootloadernya masih terkunci. Ketika status bootloadernya masih terkunci, maka Anda harus melakukan request unlock bootloader. Anda bisa mengikuti postingan cara unlock bootloader redmi 4a ini.

Cara Cek Status Bootloader Via Fastboot

Siapkan Bahan-Bahannya

Setelah Bootloadernya terbuka, maka bahan-bahanya harus dikumpulkan terlebih dahulu. Dibawah ini kumpulan bahan-bahan yang dibutuhkan untuk MIUI 8 dan MIUI 10, silakan diambil sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

Eksekusi

Peringatan: Backup data penting, karena akan melakukan format data.

Setelah bahannya di download maka kumpulkan dalam satu folder agar lebih mudah mencarinya. Jangan lupa siapkan kopi dan cemilan sebagai teman setia.

Langkah pertama install dulu driver Qdloader 9008 nya, fungsinya agar redmi 4a bisa konek dengan PC dalam mode download. Tapi jika hanya ingin melakukan root redmi 4a saja, lewati langkah ini juga bisa. Driver Qdloader hanya untuk flash redmi 4a dan untuk yang ingin ByPass akun mi yang nyangkut, Anda bisa mengikuti tutorial cara flash redmi 4a dan ByPass akun Mi cloud.

Install Minimal adb dan fastboot di PC kalian. Jika menggunakan windows 7 keatas, maka disable dulu driver signaturenya. Setelah di install, pindahkan file recoverynya kedalam folder minimal adb dan fastboot yang baru saja di install, dan jangan lupa di sesuaikan file recoverynya dengan MIUI yang kalian gunakan. Umumnya berada di direktori C, program file (x86), Mimal adb dan fastboot.

Langkah selanjutnya, matikan Redmi 4a dan masuk kedalam mode fastboot. Caranya dengan menekan volume bawah dan power secara bersamaan hingga masuk mode fastboot. Lalu koneksikan Redmi 4a dengan PC, usahakan menggunakan kabel usb original. Buka folder minimal adb dan fastboot, lalu klik dua kali cmd here dan jalankan perintah dibawah ini.

  • fastboot devices” (cek koneksi fastboot dengan PC)
  • fastboot flash recovery recovery.img” (flash TWRP)
  • fastboot boot recovery.img” (masuk ke TWRP)

Setelah masuk TWRP, maka pilih menu “mount” dan ceklist semuanya. Jika pada kolom data tidak bisa di ceklist, maka wajib format data dulu. Masuk menu wipe, format data, dan ketikan “yes” lalu geser ke kanan.

Langkah selanjutnya hubungkan kembali Redmi 4a ke pc, dan pindahkan magisk ke sdcard. Lalu pilih menu install pilih file magisk yang baru dipindahkan dan geser ke kanan untuk instal. Setelah selesai, pilih reboot dan hilangkan dua ceklist diatas, lalu pilih “dont install”. Redmi 4a Anda akan restart otomatis.

Karena sudah melakukan format data, maka proses booting awal agak sedikit lama. Tunggu dan lanjutkan seperti biasa sampai masuk home screen. Setelah nyala, maka Anda sudah berhasil pasang twrp dan root redmi 4a Anda.

Point Penting:

  • Cek Satus Bootloader
  • Sesuaikan file dengan versi MIUI yang Anda gunakan
  • Backup data-data penting

Akhirnya sampai di akhir tulisan ini, dan sampai disini lah tutorial dari saya tentang cara root redmi 4a. Jangan lupa, terapkan sesuai langkah demi langkah seperti yang saya jelaskan diatas.

Semoga tulisan ini bisa membantu Anda yang sedang membutuhkan.

Show More

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close