Panduan Membuat Website

10 Plugin Yang Wajib Diinstall Pada Situs Anda

Plugin mempunyai posisi yang penting dan di antara banyaknya plugin yang tersebar sangat luas di internet, ada beberapa plugin yang wajib diinstall. Bukan berarti yang lain tidak penting, namun plugin yang wajib ini adalah plugin dasar yang sifatnya primer dan harus ada. Jika tidak, kemungkinan besar situs kita akan tersendat dalam performa maupun dalam trafficnya.

Karena akhir-akhir ini plugin Wordpress meraih popularitas yang tinggi karena jumlahnya yang sangat banyak dan bervariasi, kita lihat yuk plugin yang wajib diinstall dan paling baik di Wordpress.

Untuk menemukan plugin-plugin Wordpress ini, kita tidak perlu mencari terlalu rumit dan terlalu jauh. Cukup kunjungi wordpress.org dan ada ribuan plugin ada di sana. Inilah daftar-daftar plugin yang harus dipunyai oleh setiap pemilik situs Wordpress.

1. W3 Total Cache

Pernahkah situs Anda lama dalam proses loading? Bahasa gaul dari fenomena itu adalah ‘lemot’. Biasanya jika kita membuka suatu situs dan halaman tersebut lemot, kita akan segera menutupnya dan beralih ke halaman yang lain. Begitu juga terhadap situs Anda. Para pengguna internet tidak semuanya bersabar menunggu. Oleh karena itu, W3 Total Cache hadir sebagai solusi untuk mempercepat loading halaman.

Cara plugin ini mempercepat loading adalah dengan menyimpan ‘cache’ pada komputer yang digunakan oleh pembuka situs. Saat pembukaan berikutnya, loading akan menjadi cepat dan terasa ringan. Keunggulan dari plugin ini adalah cocok atau kompatibel dengan sebagian besar fitur.

2. Yoast SEO

Plugin ini dikenal sebagai plugin yang terbaik dari Wordpress. Plugin ini fungsinya adalah membantu pemilik situs menerbitkan tulisan dengan kualitas yang baik dan bersifat SEO friendly. SEO sendiri jangkauannya berubah walau pun tidak setiap waktu dan tidak sering. Untuk menjadikan situs Anda selalu ada di depan, plugin ini sangat wajib untuk diinstall. Cara kerja plugin ini adalah dengan menunjukkan seperti apa konten yang telah Anda buat pada mesin pencari.

Dalam bahasa yang lebih singkat cara kerja Yoast SEO seperti preview. Anda juga bisa melihat kualitas konten Anda dan memperbaiki beberapa kesalahan yang mungkin Anda buat. Itu berarti konten Anda akan mudah dibaca oleh mesin pencari sekaligus oleh pengunjung situs.

3. WooCommerce

Plugin ini digunakan untuk melakukan bisnis penjualan barang biasa maupun barang digital. Plugin ini telah digunakan oleh 1/3 situs bisnis perdagangan di seluruh dunia. Fitur favorit yang digemari dari plugin ini adalah adanya ekstensi library yang hadir dalam harga yang bervariasi. Menurut data, 51% dari warga Amerika Serikat merasa nyaman berbelanja secara online dengan dukungan WooCommerce.

Plugin ini mempunyai beberapa keunggulan yaitu kemudahan dalam proses instalasi mau pun setting, pilihan pembayaran bervariasi dan struktur mudah dipakai sehingga menjadikan plugin ini sebagai plugin yang wajib diinstall.

4. Broken Link Checker

Sesuai dengan nama yang tersemat, plugin ini adalah suatu mesin pencari penyebab error atau rusaknya sebuah link. Tanda-tanda dari kerusakan link tersebut adalah adanya pesan dari komputer yang muncul pada layar dengan kode 404. Hal ini sangat penting karena halaman Anda akan dikenai sanksi jika dalam situs memuat link yang hilang atau rusak. Setelah menginstall Broken Link Checker, plugin ini akan segera bekerja menyelami link-link yang ada di situs Anda.

Laporan tentang hasil pengecekan link akan dilaporkan melalui halaman dashboard Anda. Untuk situs yang besar dengan muatan file yang sangat banyak, membutuhkan waktu yang lebih lama dalam proses pengecekan.

5. Verifikasi Dengan Ponsel

Semua orang tahu bahwa di dunia internet selain memuat banyak kemudahan, juga memuat bahaya. Salah satunya adalah kejahatan dunia maya seperti cracking. Sebuah plugin dibuat khusus untuk memberi keamanan pada akun dan situs Anda, yaitu Keyy Two Factor Authentication.

Plugin ini merupakan salah satu andalan di Wordpress. Dengan plugin ini Anda dapat melakukan verifikasi hanya dengan ponsel. Plugin ini tersedia dalam versi tidak berbayar alias gratis dan versi premium.

6. Jetpack

Jetpack termasuk plugin yang wajib diinstall yang multifungsi. Fungsi yang pertama adalah membantu meningkatkan traffic. Traffic Anda akan menjadi tinggi. Fungsi yang lain adalah mengamankan situs. Fungsi yang ketiga adalah mengawasi kualitas situs dan performanya. Sebenarnya fungsi selain ketiga fungsi utama masih banyak.

Jetpack hadir dengan beberapa modul yang dapat Anda tentukan keaktifannya. Jetpack yang banyak fungsinya ini dapat Anda nikmati secara gratis. Tapi juga tersedia versi berbayar atau premium dengan penambahan fungsi scanning dan backup sebagai tambahan yang utama.

7. Wordfence Security

Hampir sama dengan Jetpack, Wordfence Security juga mempunyai fungsi keamanan. Namun dua plugin ini bekerja mengamankan sisi yang berbeda. Wordfence Security melindungi situs dari ancaman dan serangan secara online.

Plugin ini menjadi perisai bagi situs Anda terutama saat ada ancaman jenis tebaru. Kemampuannya dalam mengidentifikasi threat yang berbahaya selalu diperbarui. Ada 2 fungsi menarik lainnya yaitu plugin ini mampu melakukan whitelist sekaligus blacklist suatu alamat IP. Pengguna yang mencurigakan juga dapat terkena blokade secara otomatis.

8. Contact Form 7

Menerbitkan formulir untuk diisi pengunjung situs untuk berkomunikasi atau melakukan chatting dengan pemilik situs/orang yang ditunjuk sebagai administrator adalah metode yang baik. Akan sangat lebih mudah bagi Anda untuk mengetahui apa saja yang diinginkan oleh pelanggan.

Kritik-kritik dan saran yang disampaikan pastinya membangun situs Anda ke arah yang lebih baik lagi. Dengan Contact Form 7 dapat ditambahkan formulir yang telah Anda konfigurasi menurut kebutuhan Anda dan menempelkannya di situs Wordpress Anda.

Formulir ini mendukung verifikasi pengguna dengan CAPTCHA sehingga Anda terhindar dari aplikasi robot. Selain itu, plugin ini juga didukung Ajax untuk submissionnya dan Akismet. Dengan plugin ini, komunikasi dengan pengunjung situs akan lancar dan keamanan terjaga tidak akan ada spam yang masuk di inbox Anda.

9. Google Analytics Dashboard For WP

Bisnis yang dijalankan melalui internet atau online business mewajibkan kita untuk selalu melihat traffic situs kita. Kita harus sering-sering melihat analytic status pada halaman Anda. Plugin ini akan menjelaskan secara detail tentang apa saja aktivitas pada situs Wordpress Anda.

Setelah plugin ini terinstall sempurna, akan muncul panel dedicated pada beranda atau home situs Wordpress Anda. Kelebihan plugin ini dibanding plugin serupa yang lain adalah layoutnya yang menarik. Kelebihan utamanya adalah memberikan informasi tentang semua pembaca situs dengan cepat. Selain itu dapat menemukan event di website.

10. Pengoptimal Gambar

Kita sering membuka situs dengan kecepatan yang menurun karena ukuran gambar yang begitu besarnya. Sebuah plugin yang dinamakan Imagify Image Optimizer hadir untuk memperkecil ukuran halaman yang akan memberi kecepatan ekstra saat membuka situs. Memang sudah banyak situs yang hadir dalam versi mobile yang lebih ringan. Tapi nyatanya tidak cukup efektif dan masih ada saja yang terlalu berat.

Dengan menggunakan plugin ini, Anda tidak perlu khawatir lagi karena halaman situs akan menjadi ringan. Namun, versi gratis mempunyai batas jumlah gambar yang dikompres sehingga untuk mendapatkan jumlah gambar yang tak terhingga untuk dikompres, Anda perlu membeli versi premiumnya.

Itu adalah 10 plugin yang wajib diinstall dan wajib ada situs Anda untuk melancarkan performa. Plugin mana saja yang sudah Anda install?

Show More

Uji Yadi

Seorang amatiran yang selalu ingin belajar serta senang berbagi kepada siapa pun

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close