Panduan Membuat Website

Sekilas Perbedaan Wordpress Dan Blogger

Perbedaan WordPress dan Blogger – Pasti diantara kita yang ingin membuat website dan masih kebingungan antara memilih menggunakan platform website terbaik. Mana yang harus kita pilih? Apakah WordPress ataukah Blogger? Platform mana yang paling baik? Platform mana yang paling menguntungkan?

Berikut akan dijelaskan kelebihan dan kekurangan antara penggunaan WordPress dan Blogger. Untuk pengguna WordPress, akan diarahkan ke penggunaan website gratisnya, yaitu WordPress.com, sedangkan Blogger, penggunaannya akan berbasis pada blogger.com. Sedangkan WordPress.org akan dijelaskan sekilas saja. Mari kita selami satu per satu.

Referensi: Mengenal WordPress.org

Bagi Anda yang bertujuan untuk membuat postingan mengenai kegiatan pribadi seperti catatan harian, WordPress.com adalah pilihan tepat. Dengan penyimpanan sampai 3 GB pastinya bisa mewadahi hobi penulisan Anda. Tentunya akses untuk media penyimpanan yang lebih besar akan bisa Anda dapatkan apabila Anda beralih ke pelayanan berbayar.

Update tidak perlu Anda lakukan karena semua update telah dilakukan oleh pihak WordPress.com sendiri. Karena menggunakan versi gratis, tentunya akan ada beberapa kekurangan yang akan Anda rasakan jika dibandingkan dengan versi berbayar di WordPress.org, di antaranya iklan dalam tampilan website Anda. Iklan akan tampil tetapi Anda tidak akan mendapatkan bayaran dari iklan tersebut.

Jangan khawatir, jika Anda ingin agar iklan tidak muncul di halaman website Anda, cukup melakukan upgrade dengan biaya pertahun. Penggunaan WordPress.com ini juga tidak memungkinkan Anda bisa mengupload plugin dan juga template untuk website Anda kecuali plugin dan template gratis yang sudah disediakan.

Untuk Blogger sistemnya hampir sama karena standarnya adalah pembuatan website secara gratis. Blogger juga cocok bagi Anda yang ingin memiliki halaman pribadi dengan catatan harian ataupun ulasan produk. Tidak ada biaya apapun yang perlu Anda bayar untuk pembuatan website. Anda hanya perlu membuat akun e-mail di gmail, lalu tinggal mengakses blogger.com.

Pastikan bahwa penggunaan akun Google Anda belum mencapai 15 GB. Yang harus diperhatikan adalah, jika Anda melanggar syarat dan ketentuan yang telah ditetapkan sebelumnya, akun website Anda bisa sewaktu-waktu dihilangkan dari peredaran. Konten yang sudah Anda buat sebelumnya akan lenyap. Jadi, tidak ada salahnya untuk membuat back up atau cadangan dari website Anda. Hal ini juga berlaku di WordPress.com.

Perbedaan WordPress dan Blogger

Sebenarnya tidak ada perbedaan yang terlalu mencolok antara WordPress.com dan Blogger. Kedua platform website ini sangat mudah dibuat dan keduanya gratis. Anda hanya perlu mendaftarkan akun e-mail Anda ke websitenya masing-masing lalu menyelesaikan pendaftaran akun website Anda secara mandiri.

Perbedaan pertama adalah pada batasan kapasitas yang bisa Anda gunakan. Untuk website berbasis WordPress.com, Anda akan mendapatkan total 3 GB yang nantinya bisa diupgrade sesuai kebutuhan kapasitas yang diinginkan dengan biaya yang bisa dibayarkan per tahun. Sedangkan untuk website berbasis Blogger, akan ada kapasitas sebesar 15 GB secara gratis yang bisa didapatkan.

Bisa juga kalau Anda ingin menambah kapasitas website Anda dengan biaya yang dibayarkan per bulan. Untuk nama website sendiri, karena Anda mendaftarkan website Anda secara gratis, itu juga berarti bahwa Anda tidak perlu membeli domain. Dengan catatan bahwa Anda rela jika alamat website Anda akan menjadi lebih panjang dari alamat website kebanyakan seperti namaanda.wordpress.com atau namaanda.blogspot.com.

Bisa saja jika Anda menginginkan alamat website yang lebih ringkas tapi tentu saja harus ada biaya yang dibayarkan per tahun. Jika Anda menghendaki menggunakan wordpress.org dibandingkan wordpress.com, tentu saja akan ada biaya lain yang harus dibayarkan seperti biaya hosting dan juga domain per tahun.

Tapi mengingat banyaknya kelebihan yang akan Anda dapatkan, biaya berapapun tidak lagi jadi masalah. Perbedaan selanjutnya adalah tentang tampilan dasbor. Website berbasis wordpress.com dirasa memiliki tampilan dasbor yang lebih nyaman daripada tampilan dasbor di Blogger yang terkadang membingungkan. Tampilan dasar dari wordpress.com dinilai lebih unggul dan lebih masa kini daripada tampilan dasar Blogger. Untuk pilihan template, Blogger lebih unggul dibanding WordPress.com.

Walaupun pilihan template di Blogger terbatas, namun Anda bisa mengubah tampilannya sesuai selera, apalagi jika Anda mengerti tentang HTML dan CSS. Untuk WordPress.com sendiri adalah platform website yang memiliki sedikit pilihan template dan kelemahannya adalah templatenya tidak bisa diubah sesuka Anda.

Untuk pemuatan iklan, WordPress.com sendiri tidak mengizinkannya. Kalaupun ada iklan yang masuk, tidak akan mempengaruhi penghasilan Anda. Jika Anda memang menginginkan penghasilan secara serius, Anda bisa melakukannya dengan cara menjual produk. Walaupun tidak bisa memasang iklan, Anda diperbolehkan untuk menyediakan slot untuk iklan secara manual, ataupun sponsored post. Kalau untuk Blogger karena Blogger sendiri adalah milik Google jadi iklan dari Google AdSense pasti bisa diterima.

Kemudahan Menggunakan WordPres Dan Blogger

Untuk penggunaannya, WordPress.com dan juga Blogger sama-sama memberikan kemudahan dalam penggunaan. Dasar penggunaan, fungsi, hingga cara bagaimana menerbitkan postingan, sama-sama sangat mudah untuk dipelajari dan dipraktekkan. Karena platform websitenya sendiri adalah gratis alias tidak berbayar, maka plugin dan template yang bisa kita gunakan untuk mempercantik website kita juga terbatas.

Perlu diingat bahwa Anda tidak akan memiliki website Anda secara penuh. Dalam artian bahwa pihak WordPress dan juga pihak Blogger memiliki hak untuk menghapus website Anda apabila diketemukan bahwa Anda melanggar syarat dan ketentuan yang berlaku.

Anda harus bersiap untuk kehilangan website Anda karena website Anda akan dihapus secara permanen dan semua postingan yang telah Anda terbitkan sebelumnya tidak akan ada lagi. Ada baiknya juga untuk membuat cadangan dari website Anda untuk mengantisipasi hal ini.

Kesimpulan

Sebelumnya sudah dijelaskan apa saja perbedaan WordPress dan Blogger dalam pembuatan website. Sudah dijelaskan juga sedikit tentang WordPress.com, WordPress.Org, dan juga Blogger.

Jika Anda menginginkan platform website yang gratis, Anda bisa memilih platform pembuatan website secara gratis di WordPress.com ataupun Blogger dengan catatan plugin dan template yang bisa Anda gunakan terbatas. Iklan yang bisa diterbitkan juga terbatas kecuali Google AdSense di platform Blogger.

Apabila Anda menginginkan menggunakan plugin dan juga template dengan banyak pilihan, Anda bisa beralih ke WordPress.org. Dengan biaya pembayaran per tahun, Anda akan bisa mendapatkan kebebasan mengatur website Anda termasuk memasang iklan di halaman website Anda untuk mendapatkan penghasilan.

Selain itu, perbedaan WordPress dan Blogger juga bisa dilihat dari tampilannya. Tampilan dasbor dari WordPress dirasa lebih modern daripada tampilan dasbor di Blogger. WordPress juga lebih populer digunakan daripada Blogger karena lebih dari 90 persen pengguna internet dunia menggunakan WordPress sebagai basis sistem website mereka. Tapi, apapun pilihan platform website Anda, pastikan sesuai dengan fungsi dari website yang Anda butuhkan.

Referensi: Cara Membuat Website Gratis

Jangan menggunakan platform dengan begitu banyak fungsi sehingga malah menghambat kinerja dari website Anda. Pilihlah dengan bijak, pilih yang gratis ataupun berbayar, semua pasti punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Semoga pembahasan kali ini bermanfaat.

Show More

Uji Yadi

Seorang amatiran yang selalu ingin belajar serta senang berbagi kepada siapa pun

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close