Youtube Trik

Membuat Video Youtube Peringkat Satu Penelusuran

Kesempatan kali ini saya akan membahas tentang bagaimana cara membuat video youtube agar dapat menduduki peringkat satu di hasil penelusuran.

Pada kondisi saat ini, youtube memang sudah menjadi primadona baru. Bahkan banyak para blogger yang perpindah haluan, mereka membuat video youtube sebagai sarana untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

Penghasilan tambahan…

Ketika berbicara soal penghasilan, siapa sih yang tidak mau mempunyai penghasilan tambahan. Termasuk saya sendiri juga tidak munafik, ketika ada pertanyaan seperti itu maka dengan lantang saya akan menjawab mau.

Sekarang coba kita lihat artis-artis di Indonesia, saat ini sudah banyak dari mereka yang menjadi seorang youtuber. Tidak perlu saya sebutkan, Anda juga sudah tau dengan hal itu.

Jika seorang artis saja membuat video youtube untuk mendapatkan penghasilan tambahan, maka kita juga jangan mau kalah dengan mereka.

Namun perlu di garisbawahi, jangan samakan teknik membuat video youtube seorang artis dengan teknik kita sendiri.

Kenapa harus di bedakan?

Ketika seorang artis membuat video youtube, maka dengan sangat mudah videonya menjadi sebuah trending.

Sebenarnya cukup rasional, coba kita cek kebelakang. Artis itu sudah punya fans tersendiri, bahkan follower seorang artis itu bisa dibilang wah. Dengan sekali share saja, maka fans nya itu akan silih berganti melihat video youtubenya.

Sebagai contoh video dari chanel Nino Kuya, yang sempat trending. Video yang di beri judul “Nyamar Jadi Gembel Beli IPhone 11, 60 Juta Cash” ini ketika pertama kali saya tonton subcribernya baru ratusan. Namun selang seminggu, alangkah dahsyat perkembangan chanel itu dengan jumlah subriber yang sudah mencapai jutaan.

Namun kembali lagi, siapa yang ada di balik layarnya.

Lalu apakah kita bisa seperti itu?

Jawabanya ya pasti bisa. Asalkan chanel Anda sudah banyak jumlah subribernya, dan video yang di unggah berpotensi viral.

Lalu bagaimana jika masih seorang  pemula yang baru terjun?

Nah disinilah fungsi dari artikel yang saya buat, saya akan berbagi trik bagaimana caranya agar video youtube kita bisa menduduki peringkat satu dihasil pencarian. Kerena dengan menduduki peringkat satu, maka video itu memiliki kesempatan untuk menjadi tenar.

Namun sebelum memulainya, saya hanya menegaskan bahwa saya sendiri bukanlah seorang youtuber. Jika Anda seorang youtuber yang sudah profesional, mungkin berbeda pendapat dengan saya.

Disini saya hanya berbagi trik untuk para pemula, tetapi trik yang saya berikan ini berdasarkan studi kasus yang saya buat sendiri.

Baiklah saya lanjutkan ya…

Dalam studi kasus yang saya buat pada video ini, saya menerapkan tiga kriteria dalam membuat video youtube nya. Pertama isi konten, kedua optimasi, dan yang ketiga audit.

Sekarang akan kita bahas satu persatu.

Isi Konten

Bermain youtube tidak jauh berbeda dengan bermain blog. Dalam dunia ngeblog, ada istilah “konten adalah raja”.

Apa maksud dari istilah itu?

Seperti dengan arti raja yang sesungguhnya, baik atau tidaknya kerajaan, kuat atau tidaknya sebuah kerajaan tergantung pada raja yang memimpin.

Jadi baik atau buruknya sebuah blog tergantung dengan isi konten yang ada pada blog itu sendiri. Semakin banyak konten yang bermanfaat maka semakin baik pula peringkat blog. Oleh karena itulah kenapa istilah “konten adalah raja” dalam dunia ngeblog masih berlaku hingga saat ini.

Begitu juga dengan Youtube

Jika koten blog adalah artikel, maka konten youtube adalah video. Jadi buatlah video yang bisa bermanfaat untuk orang lain, dan buatlah orang merasa terbantu setelah melihat video yang kita buat.

Lalu bagaimana cara membuat video yang bermanfaat untuk orang lain?

Sebenarnya banyak cara untuk membuat video yang bermanfaat, namun yang lebih mudah adalah video tentang sebuah tutorial atau video yang menjelaskan “bagaimana membuat A agar menjadi B” dan lebih dikenal dengan sebutan video “how to”.

Seperti pada studi kasus yang saya buat ini, saya menjelaskan bagamana cara deodex Android Pie sebagai bahan untuk pembuatan smali patcher.

Walaupun sudah banyak orang yang mengetahui caranya, namun masih ada juga orang yang belum mengetahuinya. Jadi video tersebut bisa bermanfaat untuk orang yang belum mengetahui caranya.

Walaupun pada dasarnya video tersebut saya buat hanya untuk pelengkap materi dalam salah satu artikel di blog ini, namun sekarang saya jadikan bahan studi kasus.

Optimasi

Kenapa harus di optimasi SEO?

Sekarang kita bayangkan, bagaimana perasaan kita ketika sudah bersusah payah membuat sebuah video yang bermanfaat namun setelah di terbitkan tidak muncul di hasil penelusuran.

Rasanya bukan hanya saya saja yang kecewa, Anda juga pasti merasakan hal yang sama jika mengalaminya.

Oleh karenanya dalam pembuatan sebuah konten, optimasi SEO menjadi hal yang wajib. Sebab konten yang tidak di lengkapi dengan optimasi SEO akan hilang dalam hasil penelusuran.

Ketika sudah membahas tentang optimasi SEO, maka mau tidak mau kita harus berurusan dengan kata kunci.

Jika ingin mendapatkan posisi yang ideal dalam hasil penelusuran, maka kita dituntut untuk pintar dalam memainkan kata kunci. Karena kata kunci lah yang berperan dalam hasil penelusuran. Namun perlu di ingat, jangan berlebihan dalam penyusunan kata kunci. Bisa-bisa di anggap spam.

Dalam bermain kata kunci, maka harus melibatkan beberapa kriteria kata kunci. Namun yang paling penting adalah kata kunci utama, penghubung kata kunci, dan kata kunci turunan.

Pada studi kasus video ini saya menggunakan kata kunci utama dan penghubung kata kunci pada judul video nya.

Seperti yang sudah saya jelaskan di atas, membuat video yang bermanfaat itu lebih mudah dengan metode “bagaimana membuat A agar menjadi B”.

Jadi, “membuat A” sebagai kata kunci utama dan “mejadi B” sebagai penghubung kata kunci.

Tujuannya agar ketika mesin telusur mendapat perintah untuk mancari “membuat A” atau “menjadi B”, maka video akan tampil di hasil penelusurannya. Minimal ada di halaman awal walaupun tidak di urutan satu.

Dalam contoh kasus, saya membuat sebuah video yang berjudul “cara deodex android pie untuk smali patcher”.

Kata kunci utamanya adalah “deodex android pie” dan penghubung kata kuncinya adalah “smali patcher”. Karena deodex dan smali patcher itu saling behubungan. Ketika ingin membuat smali patcher, maka harus menggunakan ROM deodex. Begitu juga sebaliknya, salah satu fungsi ROM deodex adalah untuk membuat smali patcher.

Jadi ketika ada seseorang yang mencari video youtube dengan kata kunci “deodex Andrid Pie” atau “cara membuat smali patcher andrid pie”, maka video ini akan tampil di halaman yang ideal.

Setelah judul video sudah di optimasi, langkah selanjutnya manfaatkan deskripsi video.

Perlu kita ingat, bahwa karakter setiap orang itu berbeda-beda. Ada yang mudah untuk mengrti dan ada juga yang sulit untuk mengerti. Jadi buatlah orang yang sulit mengerti ini agar bisa memahami video anda.

Bagaimana caranya?

Kita bisa memanfaatkan kolom deskripsi video dengan rankaian kata-kata. Buatlah kata-kata yang menjelaskan poin-poin penting dalam video itu.

Ketika menguraikan deskripsi video, maka disinilah kesempatan dan keuntungan kita untuk menyisipkan kata kunci agar video kita menjadi lebih kaya dengan kata kunci.

Seperti yang saya jelaskan di atas, bahwa judul video sudah mengandung kata kunci utama dan penghubung kata kunci. Namun, judul video belum memiliki kata kunci turunan. Perlu di ingat juga, menurut beberapa para senior youtuber bahwa idealnya sebuah judul video itu maksimal 60 karakter.

Dengan demikian, maka menjadi mustahil jika kita bisa menyisipkan kata kunci turunan pada judul video itu.

Disinilah kita maikan kolom deskripsi video, kita harus menyisipkan ketiga kriteria itu. Kita bisa menyisipkan kata kunci utama, penghubung kata kunci, serta kata kunci turunan.

Bagaimana cara menentukan kata kunci turunan?

Dalam menentukan kata kunci turunan, kita bisa menggunakan sinonim (persamaan kata), antonim (lawan kata), dan varian (jenis) kata kunci utama.

Pada kasus video ini, saya menggunakan kata kunci utama deodex android pie. Maka saya menerapkan kata kunci turunan yang di hasilkan dari varian.

Karena saya menggunakan varian versi Android, maka saya menyisipkan kata kunci turunan deodex android oreo, nougat, marsmallow dan lollipop. Sehingga ketika ada orang yang mencari video dengan kata kunci deodex android marshmallow atau deodex android nougat, video ini juga bisa tampil.

Dan satu lagi yang tidak kalah penting, masukan hastag kata kunci utama dalam deskripsi. Serta buatlah tumbnail semenarik mungkin, tujuannya untuk merangsang seseorang menjadi ingin melihat videonya.

Setelah semua persyaratan di atas terpenuhi, baru lah kita terbitkan videonya. Inilah tahapan-tahapan yang saya lakukan sebelum menerbitan video itu.

Audit

Setelah videonya di terbitkan, maka langkah selanjutnya adalah audit. Dengan audit, kita akan mengetahui posisi video kita berada di posisi mana dalam hasil penelusuran.

Jika hasilnya masih belum ideal, maka Anda harus memperbaiki kembali dengan langkah-langkah di atas.

Dalam melakukan audit pencarian, ada beberapa yang harus di perhatikan. Jika menggunakan web browser PC, maka Anda harus log out akun Google nya terlebih dahulu serta menghapus chacenya. Jikan menggunakan aplikasi youtube smartphone, maka hapus data aplikasinya dan jangan lupa log out juga akunnya.

Fungsinya untuk mendapatkan hasil yang real. Karena jika masih log in dengan akun Anda atau akun yang sudah subcribe Anda, maka secara otomatis video tersebut langsung tampil. Berbeda ketika sudah sudah log out, menjadi lebih netral dan real.

Kesimpulan Membuat Video Youtube

Jika ingin membangun sebuah chanel youtube, maka harus di ingat bahwa kontenlah yang berbicara. Oleh karena itu buatlah konten yang bermanfaat sedini mungkin dan sebanyak mungkin.

Dalam pembuatan konten, haruslah di dampingi dengan optimasi SEO. Karena dengan SEO video dapat tampil dihasil penelusuran yang ideal. Karena seberapa banyak pun subcriber Anda, masih lebih banyak orang yang menggunakan mesin telusur.

Setelah menerbitkan video, jagan tinggal diam saja. Audit serta promosikan video Anda agar tetap pada posisi yang ideal.

Tak terasa sudah panjang kali lebar saya mebuat tulisan ini. Namun sekali lagi saya menegaskan, bahwa saya juga bukan seorang youtuber. Jadi saya berbagi trik bagaimana cara membuat video youtube agar bisa menduduki peringkat satu ini hanya sebatas pengetahuan saya saja dan berdasarkan studi kasus.

Bila ada yang kurang setuju dengan pendapat saya ini, maka bolehlah kiranya memberikan masukan di kolom komentar. Karena saya hanya seorang yang masih awam dalam dunia youtube.

Show More

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close