Cara Root Samsung J4 Plus dan Pasang TWRP

Samsung kembali lagi mengeluarkan produknya yang dipasarkan di Indonesia, yaitu Samsung Glaxy J4 Plus. Pada produk ini Samsung membidik pasar dari anak-anak muda yang ada di Indonesia. Karena Samsung J4 Plus ini type ponsel canggih yang harga nya masih terjangkau oleh kalangan anak-anak muda.

Namun untuk kalangan anak-anak muda biasanya lebih identik dengan modifikasi. Jika kalian sudah memiliki Samsung J4 Plus dan ingin memodifikasinya seperti, menghapus aplikasi standard atau bawaan, memasang tweek, ataupun ingin mengganti dengan custom ROM , maka harus bisa mengakses ke dalam sistem dengan akses root dan pasang TWRP.

Pada postingan ini admin akan menjelaskan bagaimana cara root Samsung J4 Plus dan pasang TWRP. Namun sebelumnya mari kita simak terlebih dahulu spesifikai Samsung J4 Plus.

Samsung Galaxy J4 Plus ini hadir dengan tiga varian warna yang dibalut dengan warna gold dan hitam. Walaupun tergolong body yang cukup besar, namun Samsung J4 Plus ini masih nyaman untuk digenggam. Kerena Samsung Galaxy J4 Plus ini berdimemsi 161.4 x 76.9 x 7.9 mm dengan bobot mencapai 178 gram.

Bermodalkan ukuran layar 6 inchi dengan resolusi Full HD serta menggunakan panel IPS LCD, Samsung Galaxy J4 Plus ini unggul pada layarnya. Sebab sudah mengusung Infinity Display dengan rasio 18.5:9 dengan bezel tipis sehingga terlihat penuh dengan layar.

Untuk sektor fotografi, kamera depan Samsung Galaxy J4 Plus ini dibekali dengan lensa beresolusi 5MP dengan aperture f/2.2 serta dukungan LED Flash untuk pencahayaan. Sedangkan untuk kamera belakangnya, Samsung Galaxy J4 Plus mengandalkan kamera belakang beresolusi 13 MP Autofocus dengan aperture f/1.9 serta dukungan LED Flash berfitur HDR dan Panorama.

Samsung memilih prosesor Quad-core 1.4 GHz dari Snapdragon 425 dan GPU Adreno 308 untuk grafisnya. Prosesor ini didukung dengan RAM 2 GB dan memori internal 16 GB / 32 GB yang dapat ditingkatkan dengan microSD hingga 512 GB. Samsung J4 Plus telah dibekali dengan baterai berdaya 3.300 mAh dan berjalan dengan sistem operasi Android 8.1 Oreo.

Itulah spesifikasi Samsung J4 Plus, sekarang kita ke topik pembahasan yaitu cara root Samsung J4 Plus dan pasang TWRP. Sebelumnya admin tidak bertanggung jawab atas seluruh kesalahan yang terjadi dan sepenuhnya ditanggung oleh anda sendiri. Tapi cara ini sudah admin tes sendiri dan berhasil.

Baca juga: Root Samsung J2 Prime yang Gagal Masuk TWRP

Bahan-bahan yang harus di download :

Sebelum eksekusi harap backup dulu data-data penting, sebab akan melakukan format data.

Sekarang aktifkan Opsi Pengembangnya dengan cara masuk ke Pengaturan – Tentang Ponsel – tap tujuh kali Nomor Bentukan sampai ada notifikasi opsi pengembang aktif. Kembali lagi ke pengaturan lalu aktifkan USB Dubug dan OEM. Terkadang ketika mengaktifkan OEMnya, mucul notifikasi untuk format data.

Selanjutnya masuk pada proses pemasangan TWRP, berikut langkah-langkahnya :

  • Pindahkan file RMM StateBypass Mesa v2, J6+oreo forced encryption disabler dan Magisk yang sudah di download tadi ke memory card.
  • Buka Odin dan jangan lupa hilangkan ceklist pada Auto Rebootnya.
  • Pada kolom AP pilih file Custom recovery yang tadi sudah di download.
  • Matikan ponselnya lalu hubungkan ke PC dengan menekan tombol volume atas dan bawah, sampai muncul perintah masuk mode download dan tekan volume atas untuk melanjutkannya.
  • Klik Start pada odin sampai ada notifikasi PASS berwarna hijau, dan cabut kabel usb dari posel dan proses pemasangan twrp sudah selesai.
  • Penting Jangan restart ponsel sebelum proses selesai semua”.

Lanjutkan dengan proses root, berikut langkah-langlahnya :

  • Setelah kabel USb dicabut tekan dan tahan tombol power dan volume bawah sampai ponsel mati dan lepaskan volume bawah dan berganti ke volume atas sampai masuk TWRP.
  • Setelah masuk TWRP, pilih wipe, format data dan ketikan yes untuk melanjutkannya, setelah selesai pilih reboot, recovery, maka ponsel akan restart dan otomatis masuk ke TWRP kembali.
  • kemudian pilih install dan pilih direktori memory card. Pilih magisk add more zip piih J6+oreo forced encryption disabler dan terakhir pilih RMM StateBypass Mesa v2 lalu swipe dan reboot system.
  • Penting ” File RMM StateBypass Mesa v2 harus terakhir ya”.

Tunggu sampai ponsel menyala dan masuk ke home screen, dan selamat Samsung J4 Plus Anda sudah terinstall TWRP dengan status root. Demikianlah tuturial dari admin tentang bagaimana proses root Samsung J4 Plus dan pasang TWRP, semoga dapat bermanfaat dan selamat mencoba.

18 thoughts on “Cara Root Samsung J4 Plus dan Pasang TWRP

  1. Awal nya ragu tapi pas di coba mantap juga hasil nya. Thxs bgt buat admin yg udah bikin postingan ini. Sukses selalu.

    1. Install magisk wajib, jadi tidak bisa pasang TWRPnya saja.
      Solusinya simple, cukup install magisk saja, dijamin nyala lagi.

    1. Memang di Indonesia sudah ada update Pie nya ya. Soalnya setau admin, Indonesia belum kebagian update pie.

Leave a Reply