Panduan Membuat Website

Cara Membuat Website Gratis di Layanan WordPress

Dewasa ini, pembuatan website tidak lagi menjadi hal yang menyulitkan. Apalagi ditambah perkembangan teknologi yang ada, Anda bisa dengan mudah mencari beberapa informasi. Sudah banyak toturial tentang cara membuat website dari awal di internet.

Platform untuk pembuatan website sendiri juga bermacam-macam. Ada yang berbayar dan ada juga yang menyediakan secara gratis. Salah satu yang paling populer adalah WordPress. Lebih dari 30% pengguna internet di dunia menggunakan WordPress dalam pembuatan website mereka.

Kenapa bisa populer? 

Alasannya karena fitur dari WordPress sangat beraneka ragam. Selain itu, penggunaannya pun cenderung lebih mudah dibandingkan dengan flatform sejenis. Oleh karenanya sangat cocok untuk Anda yang baru belajar membuat website. Platform ini juga bisa digunakan untuk penggunaan pribadi ataupun untuk penggunaan secara profesional.

Baca juga: Keuntungan Menggunakan WordPress

Ada dua tipe pembuatan website dengan menggunakan platform WordPress. Untuk yang gratis, menggunakan platform WordPress.com. Dan untuk yang berbayar, menggunakan platform WordPress.org.

Untuk pemula, lebih baik mempelajari cara membuat website secara gratis terlebih dahulu. Dengan WordPress.com Anda bisa mempelajari fitur-fitur yang ada. Ini juga bisa dijadikan gambaran tentang bagaimana sebuah website dibuat. Kedepannya sebagai gambaran bagaimana cara untuk mengelolanya.

Baca juga: Mengenal WordPress.org Sebelum Menggunakannya

Berikut ini akan dijabarkan tentang bagaimana cara membuat website dari awal.

Cara Membuat Website Dengan WordPress

Pertama dengan membuka situs pembuatan website gratis dari WordPress, yaitu www.wordpress.com. Bisa menggunakan browser apapun yang Anda miliki. Setelahnya, Anda akan diarahkan ke halaman utama dari WordPress.

Cari kolom untuk memasukkan alamat situs baru Anda. Nantinya alamat website Anda akan diakhiri dengan kata wordpress.com semisal alamatnya adalah namaanda.wordpress.com. Ini dikarenakan bahwa kita akan menggunakan versi pembuatan website secara gratis.

Jika ingin menggunakan versi berbayar, maka harus memiliki domain dan hosting sendiri. untuk lebih jelasnya tentang hosting dan domain, bisa baca di artikel saya yang ini.

Nama yang dipakai sebagai alamat website Anda bisa menggunakan nama asli maupun alias tetapi satu alamat website hanya bisa dipakai oleh satu orang. Jadi apabila nama yang Anda kehendaki sudah digunakan oleh orang lain, Anda harus segera mencari alternatif nama lain sebagai alamat website Anda.

Lalu setelah alamat website sudah ditentukan, klik “Mulai Situs Web Anda”, lalu setelah itu Anda akan diarahkan ke satu halaman baru dengan beberapa kolom untuk diisi. 

Masukkan informasi yang dibutuhkan ke dalam kolom seperti alamat e-mail, pastikan kalau e-mail yang Anda gunakan adalah e-mail aktif karena nantinya informasi pendaftaran dari WordPress Anda akan dikirimkan via e-mail untuk diverifikasi. Jika belum memiliki e-mail, Anda bisa membuatnya terlebih dahulu secara gratis, bisa melalui gmail atau yahoomail. 

Kolom kedua yang harus diisi adalah nama pengguna. Gunakan nama yang mudah Anda ingat dan pastikan berbeda dari orang lain. Jika pilihan username ditolak, ubahlah sampai bisa diterima.

Kolom ketiga adalah password. Buatlah password yang kuat dengan menggunakan beberapa karakter unik seperti huruf besar, huruf kecil, angka, dan simbol, lalu klik “Mulai Akun Anda”.

Beberapa detik kemudian, e-mail konfirmasi akan langsung dikirimkan ke alamat e-mail Anda. Kita akan melakukan verifikasi nanti, sekarang lanjut menyetting website kita terlebih dahulu. 

Anda akan diarahkan ke halaman untuk pemilihan tipe website yang ingin Anda buat, apakah Blog, Bisnis, Profesional, atau Toko Online. Nantinya akan diberikan penjelasan sedikit bahwa tipe Blog, Bisnis, dan Profesional adalah tipe website yang bebas biaya alias gratis, sementara Toko Online adalah tipe yang berbayar.

Karena kita akan mencoba membuat website WordPress secara gratis, tipe yang kita akan pilih sekarang adalah tipe Blog. Setelahnya Anda akan diarahkan ke kolom topik populer.

Topik Yang Sesuai

Pilih topik yang Anda sukai sesuai dengan minat Anda. Kali ini kita akan memilih “Penulisan Blog” lalu Anda akan diarahkan ke pratinjau situs web Anda, klik selanjutnya.

Langkah berikutnya adalah menuliskan nama website yang akan Anda gunakan. Nantinya nama website Anda akan dipajang di halaman utama website ketika alamat website Anda dibuka.

Pilihlah kata unik yang mudah diingat, Anda juga bisa menggunakan nama Anda sendiri misalnya seperti nama anda’s blog dan sebagainya, lalu klik lanjutkan.

Selanjutnya ketikkan kata kunci untuk website Anda. Di sini Anda juga bisa menggunakan nama Anda sendiri. Nantinya alamat WordPress Anda akan tertera seperti ini, misalkan namaanda.wordpress.com untuk pembuatan website secara gratis.

Lalu klik pilih di pilihan website gratis, lalu Anda akan diarahkan ke langkah ke lima. Langsung klik “Start a free site” dan Anda siap untuk memulai kegiatan berbasis WordPress Anda.

Aktivasi Website

Anda bisa mulai dengan mengaktivasi alamat WordPress Anda via e-mail. Tujuan dari aktivasi ini adalah agar website Anda aktif dan bisa diisi dengan postingan dan postingan nantinya bisa diposting ke website Anda.

Caranya adalah masuk ke e-mail Anda, cari e-mail aktivasi WordPress di inbox (kalau tidak ketemu di inbox, bisa mencarinya di spam) lalu klik tombol “Klik Disini untuk Konfirmasi Sekarang”.

Setelah ditekan, lalu Anda akan diarahkan ke halaman baru yang menyatakan bahwa situs Anda telah dibuat. Nantinya akan ada tanda centang hijau yang tertera pada keterangan aktivasi e-mail pada saat Anda membuka profil WordPress Anda via browser.

Kegiatan selanjutnya yang bisa Anda lakukan sebelum membuat postingan adalah mempercantik tampilan WordPress Anda. Isi postingan akan lebih terlihat menarik jika tampilan website juga menarik. Kegiatan ini biasanya memakan waktu yang cukup lama jadi pastikan Anda melakukannya di waktu senggang.

Berikan Slogan Yang Menarik

Saatnya memberikan slogan untuk website Anda. Untuk slogan, Anda bisa membuatnya dengan mengambil dari kata-kata yang sedang populer sekarang atau Anda juga bisa membuat kata-kata dari kreasi Anda sendiri.

Pilih juga tema yang paling Anda sukai untuk website Anda sesuai selera untuk mengoptimalkan tampilan website Anda. Ada bermacam-macam pilihan tema yang bisa dipilih, sesuaikan juga warnanya. Jangan menggunakan tema dengan warna yang terlalu mencolok dan tidak nyaman di mata.

Karena nantinya website Anda akan dibaca orang, usahakan menggunakan warna yang lembut dan nyaman dilihat. Tema bisa diubah nantinya kalau Anda bosan, jangan khawatir. Lalu sekarang Anda bisa mulai mengisi website Anda dengan konten menarik.

Mulai Posting Konten Anda

Anda bisa memulai dengan membuat postingan dari hal-hal yang sedang populer atau bisa juga membahas tentang minat yang Anda sukai. Sebagai bahan pertimbangan, baca juga artikel dibawah ini.

Jangan lupa untuk menambahkan gambar ataupun video sebagai pemanis dalam postingan Anda. Setelah itu Anda bisa mengecek tampilan WordPress Anda dengan pratinjau tampilan website. Perbaiki apa yang kurang dan bisa ditambahkan dalam postingan Anda. Lalu, Anda bisa membuat postingan selanjutnya. 

Pembuatan website tidak akan selalu sempurna ketika dibuat untuk pertama kalinya. Maka dari itu, diperlukan trial dan error agar tampilan website kita menjadi lebih baik secara bertahap.

Itu tadi sudah dijelaskan sedikit tentang bagaimana cara membuat website dari awal. Semoga apa yang sudah dijabarkan sebelumnya bisa bermanfaat. 

Selamat mencoba!

Show More

Uji Yadi

Seorang amatiran yang selalu ingin belajar serta senang berbagi kepada siapa pun

2 Comments

  1. Pengarahan tentang wordpress dan panduannya menarik untuk di ikuti, tata caranya jika di ikuti bisa membuat webside menjadi menarik untuk di lihat..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close