Cara Membuat Artikel SEO Friendly untuk Pemula

Artikel SEO Friendly memang sangat dibutuhkan dalam mengisi sebuah blog atau website agar mendapat ranking yang baik pada SERPs Google. Menulis mungkin merupakan hal yang mudah bagi sebagian orang dan susah bagi sebagian yang lain. Apalagi ketika harus menulis artikel yang SEO Frindly, pasti banyak yang mengalami kesulitan.

Pada postingan kali ini, admin ingin berbagi bagaimana cara menulis artikel SEO friendly khusus untuk pemula. Mungkin untuk para master blogger postingan ini sudah usang. Namun, apa salahnya jika admin berbagi untuk para pemula. Jika ingin melanjutkan silahkan baca dan lanjutkan.

Judul Artikel

Hal yang pertama harus kita perhatikan dalam membuat artikel SEO Friendly adalah judul artikelnya. Jika judulnya saja sudah salah maka artikel yang bagus sekalipun akan menjadi sia-sia. Sebab judul merupakan hal yang pertama kali di index mesin pencari ketika ada orang yang mengetikan sebuah kata kunci. Untuk itu dalam sebuah judul artikel kita harus menyisipkan kata kunci yang kita bidik.

Dalam menyisipkan kata kunci pada sebuah artikel terbagi menjadi dua kategori, yaitu menyisipkan kata kunci secara berurutan dan secara terpisah. Sebagai contoh dengan kata kunci “Ponsel Murah”. Judul dengan kata kunci berurutan “Jual Ponsel Murah di Depok”, dan contoh judul yang terpisah “Jual Ponsel Terbaru dan Murah di Depok”.

Baca juga Cara Root Samsung J4 Plus dan Pasang TWRP

Jadi lebih bagus yang mana jika ingin membuat artikel yang SEO Friendly? Sebenarnya sama saja antara berurutan dengan terpisah, intinya dalam setiap judul artikel harus ada kata kunci. Jadi bisa di sesuaikan dengan kebutuhan artikel itu sendiri, dan jangan mekasakan untuk membuat secara berurutan. Sesuaikan saja kalimat judul artikelnya namun mengandung kata kunci.

Jumlah Kata Kunci

Dalam membuat artikel yang berkualitas, kita harus memperhatikan jumlah kata kunci yang ada pada artikel tersebut. Kita harus mamasukan kata kunci dalam jumlah yang pas dalam sebuah artikel. Jadi, dalam memasukan kata kunci jangan terlalu banyak dan jangan terlalu sedikit. Jika kita memasukan kata kunci terlalu banyak, maka artikel itu akan dianggap spam oleh Google.

Lalu berapa banyak jumlah kata kunci agar artikel SEO Friendly? Menurut dari beberapa tools SEO, jumlah kata kunci yang baik adalah antara 0,75% sampai 2% dari jumlah kata pada artikel. Namun pada umumnya, banyak para blogger menggunakan 1,5% kata kunci pada artikelnya supaya lebih ideal. Dengan jumlah tersebut, maka artikel banyak mengandung kata kunci dan enak dibaca oleh para pengunjung.

Penempatan Kata Kunci

Walaupun terlihat agak sepele, namun penempatan kata kunci juga sangat medukung artikel agar bisa SEO Friendly. Penempatan kata kunci ini berpengaruh sekali kepada para pengunjung yang membacanya. Mengapa demikian?

Penempatan kata kunci yang baik dapat membuat artikel lebih enak untuk dibaca, dan artikel itu memiliki alur cerita yang jelas. Jika dalam menempatkan kata kunci secara sebarangan, maka akan mebuat alur ceritanya menjadi berantakan dan pengunjung menjadi enggan untuk membacanya.

Lalu bagaimana cara menempatkan kata kunci? Tempatkan kata kunci pada setiap paragraf pada artikel secara merata, namun bukan berarti harus ada kata kunci pada setiap paragraf. Jadi kita tempatkan kata kunci sesuai dengan alur cerita agar tidak menumpuk di salah satu paragraf saja. Maka artikel akan terlihat lebih hidup dan alami serta enak untuk dibaca.

Kata Kunci Turunan dan Sinonim

Kata kunci turunan merupakan kata kunci yang dikembangkan dari kata kunci utama, sedangkan kata kunci sinonim adalah kata kunci persamaan atau alias. Jadi agar kata kunci utama jadi lebih optimal, maka kedua jenis kata kunci ini harus ditempatkan juga. Sebagai contoh dengan kata kunci “Ponsel Murah”. Maka kata kunci turunannya bisa seperi “Ponsel Terbaru dan Murah”, dan contoh kata kunci sinonimnya “Android Murah”.

Paragraf dan Kalimat

Paragraf dan kalimat juga merupakan bagian penting dari sebuah artikel berkualitas namun kadang diabaikan. Walaupun pengaruhnya mungkin tidak terlalu besar namun tetap tidak boleh diabaikan. Idealnya adalah 3 atau 4 baris, jika memang harus lebih sebaiknya maksimal adalah 5 baris. Paragraf yang terlalu panjang akan membuat orang malas untuk membacanya. 

Sedangkan untuk kalimat, sebaiknya dalam setiap kalimat maksimal 20 kata. Sebab kalimat yang pendek lebih mudah untuk dimengerti oleh orang yang membacanya, sedangkan kalimat panjang akan lebih sulit di pahami.

Demikianlah tips dari admin tentang bagaimana car membuat artikel SEO Friendly, semoga dapat dipahami dan bisa bermanfaat. selamat mencoba.

Leave a Reply