Panduan Membuat Website

Apa Itu Template, Kelebihan Dan Kekurangannya

Pembuatan website atau situs internet tidak sulit tapi juga tidak mudah. Tapi jika sudah tahu, itu tidak akan seseram itu. Salah satu bagian yang penting dalam pembuatan website adalah template? Lalu sebenarnya, apa itu template? Apakah template yang dimaksud sama dengan istilah template pada bidang lain?

Apa Itu Template?

Pada dasarnya istilah template hampir sama di semua bidang. Inti yang harus digarisbawahi  adalah ‘kerangka’. Pada bidang website di internet template artinya adalah format preset. Format preset tersebut digunakan setiap kita mulai menggunakan suatu aplikasi.

Dengan bahasa yang sederhana dapat dikatakan bahwa template adalah kerangka jadi. Pada situs ensiklopedia ternama menjelaskan bahwa template dalam website adalah suatu komponen dasar yang berfungsi untuk memisahkan isi atau konten dari tampilan atau susunan secara keseluruhan. Template dipakai untuk menulis teks atau dokumen besar-besaran.

Sedangkan definisi yang mungkin paling umum dan sering kita dengar adalah ‘pola’ tampilan yang sudah ada, siap digunakan dan telah dilengkapi banyak fitur. Meski pun desain tersebut sudah disiapkan, dengan fitur yang disediakan, pengguna tetap bisa mengembangkan dan mengubah tata letaknya.

Baca juga: Cara Membuat Website Gratis di Layanan WordPress

Bagaimana Cara Menggunakan Template?

Setelah kita tahu apa itu template, selanjutnya adalah bagaimana cara memakai dan memaksimalkannya. Bagi orang baru dalam dunia internet, template sangat membantu. Tidak perlu terlalu pusing memikirkan bagaimana meletakkan suatu tulisan di suatu titik pada halaman web. Tidak perlu juga memikirkan di mana kita harus meletakkan tautan gambar. Semua yang kita perlukan sudah tersedia. Template biasanya mempunyai pilihan pola yang bermacam-macam.  Warnanya pun beragam. Selain itu, pola-pola tersebut banyak disediakan secara gratis.

Caranya sangat mudah, masuk dan daftarkan akun email Anda pada website atau blog yang Anda tentukan untuk membuat halaman web Anda sendiri. Setelah verifikasi, Anda dapat langsung mengonfigurasi halaman Anda. Carilah menu ‘template’ atau ‘layout’ dan pilih pola mana yang ingin Anda terapkan pada halaman web Anda.

Istilah yang digunakan bisa berbeda antara satu website dengan website yang lain. Setelah memilih bentuk pola ‘layout’ atau ‘template’ yang Anda inginkan, pilih juga warna dan texture background yang sesuai dengan selera Anda atau image apa yang ingin Anda tampilkan di halaman Anda.

Keuntungan Memanfaatkan Template Bawaan

1. Hemat Uang

Bagi pemula di dunia halaman website, budget adalah hal yang penting. Pemula sebaiknya sedikit menghemat pengeluaran. Uang modal yang Anda punya bisa dialokasikan ke pemaksimalan stock barang jika usaha Anda adalah jual beli barang kebutuhan. Jika usaha Anda adalah jasa, Anda dapat memaksimalkan uang untuk memperbaiki kinerja. Sedangkan untuk website, Anda bisa menggunakan template tak berbayar.

Ini adalah salah satu keuntungan yang menjadi favorit banyak orang. Budget bisa sangat ditekan dan dihemat. Sambil menaikkan traffic dan pembaca, Anda bisa menabung untuk nantinya menaikkan level website dan membeli template berbayar yang tentunya lebih terlihat profesional dan canggih.

Untuk template berbayar pun tidak akan semahal dibanding menggunakan jasa programmer. Harga yang sangat terjangkau bisa didapat dengan mudah yaitu sekitar $25 dan kurang dari $100. Sembari meningkatkan penjualan dan promosi untuk nantinya mempekerjakan progammer sungguhan, template-template tersebut sudah cukup bagus dan sangat profesional.

2. Hemat Waktu

Selain harganya yang murah dan membuat kita bisa berhemat, template juga unggul dalam kecepatan waktu. Tampilan tata letak tulisan dan gambar sudah tersedia, kita tinggal menempelkan apa pun yang diinginkan pada halaman. Untuk website yang dibuat sedari nol akan memakan waktu yang relatif lama. Bahkan tidak hanya dalam hitungan hari tetapi berbulan-bulan lamanya. Template bisa membantu Anda menghemat waktu. Kurang dari seminggu website Anda sudah siap digunakan.

3. Bermacam-Macam Pilihan

Situs penyedia template tersebar banyak di internet. Sumber-sumber template tersebut mempunyai desain yang berbeda-beda. Harga yang ditawarkan pun sangat bervariasi sedari gratis hingga yang premium. Semuanya sudah disiapkan lengkap sehingga tinggal memilih yang mana yang sesuai dengan yang Anda butuhkan.

Kekurangan Template Bawaan

Walau banyak kelebihan yang didapatkan dari menggunakan template untuk website Anda, template juga tidak lepas dari kekurangan. Daftar berikut adalah beberapa kekurangan penggunaan template yang bisa Anda jadikan sebagai bahan pertimbangan.

1. Beberapa Template Tidak SEO Friendly

SEO adalah Search Engine Optimization atau optimisasi mesin pencari. Beberapa template yang tersebar mengedepankan gambar sebagai senjata utama dari sebuah konten. Padahal pencari di internet lebih fokus pada kata.

Terlalu banyak efek gambar bergerak atau warna warni yang berganti terlalu cepat akan membuat situs menjadi berat untuk dibuka. Dibutuhkan waktu lama untuk membuka situs secara sempurna, oleh karena itu tampilan yang terlalu gemerlap tidak disarankan. Selain itu, membutuhkan kuota yang lebih banyak untuk membuka situs. Dampaknya, orang-orang bukannya semangat membuka situs dan malah akan meninggalkannya.

Baca juga: Apa Itu SEO? Bagaimana Cara Kerjanya

2. Terbatas Dalam Konfigurasi

Kadang-kadang, ada suatu desain tersendiri yang Anda inginkan dan kebetulan tidak tersedia di template yang dipakai. Jika tidak mempunyai kemampuan programming, maka kita harus menerima desain template itu apa adanya tanpa bisa mengubah. Karena harga yang murah, ada saja yang harus kita korbankan. Jika tidak terlalu krusial atau pokok, hal itu tak akan jadi masalah. Namun jika hal itu merepresentasikan sesuatu yang besar, pasti akan sangat menghambat.

3. Kurang Eksklusif

Kurang eksklusif itu pasti. Kita bisa bayangkan berapa banyak di luar sana yang menggunakan suatu template. Meski situs penyedia template ada banyak sekali, pun desainnya juga beragam, sangat mungkin bagi kita menemui situs yang menggunakan template yang sama. Kecuali jika situs penyedia template menjamin bahwa template yang dibeli hanya ada 1. Artinya, setelah kita beli, situs itu tidak akan menjual template yang sama lagi.

Setelah mengetahui apa itu template, cara menggunakan, kelebihan dan kekurangannya, pilihan sepenuhnya ada di tangan Anda. Jika budget perusahaan Anda terbatas, menggunakan template adalah suatu solusi ekonomis. Namun, Anda perlu meminggirkan sejenak idealisme dan eksklusivitas tampilan situs. Poin-poin penting yang harus diperhatikan dalam penggunaan template adalah cocok atau tidaknya template dengan CMS Anda. Jika dua hal tersebut tidak sesuai, maka tidak akan bisa dijalankan.

Berikutnya adalah adanya dukungan atau bantuan dari penyedia template. Ini penting karena saat kita mengalami kesulitan, akan ada yang membantu dari pihak situs penyedia template atau minimal ada pilihan bantuan (menu help).

Yang ketiga, pastikan situs penyedia template memberikan tutorial yang runtut sehingga Anda tidak kebingungan saat akan mulai menggunakannya. Yang keempat, berat atau tidak template tersebut. Jika terlalu berat, itu akan mempengaruhi kecepatan loading halaman. Jika terlalu lama akan membuat calon pengguna jasa atau calon pembeli Anda kabur karena menunggu terlalu lama.

Nah, apakah sudah menentukan template mana yang akan Anda gunakan?

Show More

Uji Yadi

Seorang amatiran yang selalu ingin belajar serta senang berbagi kepada siapa pun

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close