Apa Itu SEO? Bagaimana Cara Kerjanya

Banyak bertebaran di internet tentang SEO, dan banyak pendapat yang berbeda-beda pula. Ada yang bilang begini ada yang bilang begitu, ada juga yang harus begini dan ada juga yang harus begitu. Sebenarnya apa itu SEO? Apa fungsi dan kegunaannya? Baiklah, simak ulasannya.

Apa itu SEO?

SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization, yaitu sebuah upaya untuk mengoptimalisasikan website. Fungsi dan tujuannya agar website mendapatkan peringkat teratas di mesin pencari, seperti Google, Yahoo, Bing, dan lain sebagainya. Jadi pengertian SEO adalah sebuah teknik yang diterapkan agar website bisa menduduki peringkat teratas di hasil penelusuran.

Dalam pencarian, nantinya daftar website yang relevan dan sesuai dengan pencarian akan terpampang. Semuanya diurutkan berdasarkan kesesuaian dengan keyword yang dicari dan juga kualitas website.

Banyak faktor yang digunakan mesin pencari untuk menentukan urutan teratas. Hal ini bertujuan agar traffic kunjungan di website Anda meningkat. Dalam mendapatkan traffic tinggi ini, ada beberapa hal yang harus dipahami. Seperti cara kerjanya, algoritmanya, dan indikator utamanya.

Dalam hal ini, kita akan membahas tentang mesin pencarian berbasis Google. Kenapa harus Google? Sebenarnya tidak harus, tapi mengingat fakta bahwa Google digunakan oleh lebih dari 90 persen pengguna internet di seluruh dunia. Berdasarkan fakta tesebut, maka Google adalah salah satu pilihan terbaik.

Algoritma tertentu digunakan Google dengan tujuan untuk memberikan hasil pencarian yang lebih relevan. Serta menentukan konten yang layak berada dalam posisi teratas di mesin pencari Google. Beberapa waktu yang lalu, sempat populer yang disebut keyword stuffing. Stuffing adalah teknik menuliskan focus keyword sebanyak mungkin dalam artikel, bahkan artikel yang di suguhkan tidak berkaitan dengan keyword yang dimaksud.

Cara ini cukup efektif untuk meningkatkan traffic kunjungan website Anda. Tetapi sekarang, taktik seperti itu sudah tidak bisa digunakan. Dengan algoritma Google yang sudah diperbaharui, Anda bahkan bisa terkena peringatan jika mempraktikkan keyword stuffing ini.

Sampai disini saya rasa Anda sudah mengerti apa itu SEO. Lalu bagaimana fungsi dan cara kerja nya? Akan saya jelaskan sedikit dibawah ini.

SEO Sebagai Teknik Pemasaran

Hampir semua orang di dunia mencari informasi secara online di mesin pencari seperti Google. Disini peran SEO sangat penting untuk website Anda. Apalagi kalau website Anda adalah sebuah website bisnis online. Ribuan pengunjung yang haus akan informasi produk dan ingin membeli produk Anda akan berkunjung setiap harinya.

Pasti menguntungkan bukan? Metode marketing seperti ini adalah yang kita sebut sebagai inbound marketing. Sebuah metode pemasaran modern dimana kita mengupayakan agar calon konsumen yang mencari kita. Bukan kita yang mencari calon konsumen. Caranya dengan menyediakan konten yang menarik perhatian sehingga bisa menarik mereka menjadi konsumen.

Cara ini diyakini akan memakan biaya lebih kecil daripada pemasaran secara tradisional atau outbound marketing. Dengan mengetahui tekniknya, Anda juga bisa mengetahui bagaimana membuat website yang sukses. Salah satu indikator kesuksesannya, ketika website Anda mendapatkan traffic kunjungan yang cukup banyak.

Namun jangan khawatir dalam pengelolaannya. Sekarang sudah banyak orang bahkan perusahaan yang menawarkan jasa ini. Anda tidak perlu repot memikirkan konsep yang harus digunakan untuk memajukan website Anda.

Tapi jika Anda menghendaki melakukannya tanpa membayar juga bisa. Beberapa panduan kreatif juga bisa Anda dapatkan melalui internet secara gratis. Anda bisa mempelajarinya secara mandiri dan mengaplikasikannya pada website Anda. Dengan demikian, Anda bisa menghemat biaya ratusan bahkan hingga jutaan rupiah.

Baca juga: Cara Membuat Website Gratis di Layanan WordPress

Beberapa Komponen Utama SEO

Dalam pengaplikasiannya, beberapa komponen utama harus dipelajari. Komponen inilah yang akan menentukan apakah website Anda layak berada di jajaran ranking teratas di mesin pencari atau tidak. Disini saya akan berbagi trik dalam mengelolanya.

Optimasi Halaman Website

Tujuan dari optimasi halaman adalah untuk mencari tahu apakah website Anda relevan dengan keyword yang dicari oleh user. Jadi harus ada dua faktor yang dipenuhi, relevan dan berkualitas. Tanpa memenuhi kedua faktor ini, website Anda tidak akan bisa terpampang di peringkat pertama di mesin pencari.

Optimasi ini juga berguna agar pengunjung lebih mudah dan betah dalam mengunjungi website Anda. Nantinya akan berpengaruh pada tingkat kepuasan pengunjung website Anda. Hal-hal yang harus diperhatikan antara lain:

  • Konten, pastikan bahwa konten Anda tidak hanya menarik tapi juga bisa menyelesaikan permasalahan.
  • Keyword, pastikan bahwa keyword yang Anda lampirkan populer dan tepat sasaran.
  • Judul, pastikan judul halaman di website Anda menarik, relevan, dan mengundang rasa penasaran pengunjung.
  • URL, pastikan alamat URL yang Anda tawarkan singkat dan relevan dengan isi dari website Anda.
  • Meta description, pastikan menarik dan relevan bisa menggunakan teknik copywriting. Karena kalimat ini yang keluar di hasil pencarian.
  • Gambar, pastikan gambar berkualitas baik dan sesuai dengan relevansi isi konten, dan masukan alt gambar sesuai dengan kata kunci utama.
  • Outbound link, berupa link referensi ke website lain yang reputasinya bagus dan relevan.
  • Internal link, yaitu link antar halaman agar pengunjung dengan mudah beralih ke halaman lain pada website anda.
  • Social sharing, bermanfaat untuk memuaskan pengunjung karena media sosial akan membangun traffic kunjungan website lebih cepat.
  • Kecepatan website, semakin cepat sebuah website maka semakin baik pula peringkatnya. Tujuannya agar pengunjung lebih nyaman karena loading websitenya.

Riset Kata Kunci (Keyword Research)

Setiap penulis website harus mengetahui apa yang sering dicari oleh orang-orang di mesin pencari. Tujuannya agar bisa menemukan kata kunci yang tepat untuk website Anda. Memilih kata kunci yang tepat ini penting karena akan berpengaruh pada performa blog atau website Anda di hasil pencarian.

Dengan memilih kata kunci yang tepat, website Anda akan semakin mudah untuk berada di peringkat teratas hasil pencarian. Bagaimana cara melakukannya? Sekali lagi kita memanfaatkan Google. sebab Google juga sudah menyediakan tools-tools untuk mencari kata kunci. Anda juga bisa mencari apa yang sedang trend saat ini di Google Trends.

Konten Yang Bermanfaat

Konten bertujuan agar pengunjung mendapatkan hasil dari apa yang mereka cari. Informasi yang diberikan harus sesuai konten, demi menjaga kepuasan pengguna pada website kita. Jangan membuat konten dimana antara keyword dan isi artikelnya saling bertentangan. Konten yang kita buat harus berkualitas, tidak perlu terlalu panjang, yang penting menjawab keinginan pengunjung sesuai dengan yang mereka cari.

Baca juga: Artikel Berkualitas Membuat Postingan Ramah SEO

Audit Performa SEO

Dengan melakukan audit maka Anda akan mengetahui traffic pengunjung pada website Anda. Apakah kata kunci yang Anda pakai sudah tepat, apakah relevan dengan konten yang Anda miliki, apakah link antar halaman ataupun share Anda menarik, apakah tingkat kepuasan pengunjung meningkat, dan lain sebagainya. Teknik SEO tidak bisa dilakukan hanya satu kali, karena SEO adalah proses yang selalu berkelanjutan.

Tak terasa sudah panjang tulisan ini saya buat. Mungkin sampai disini saja kiat dari saya tentang apa itu SEO dan semoga bisa bermanfaat untuk Anda.

Leave a Reply