Apa Itu Hosting? Seberapa Penting Perannya

Apa Itu Hosting?

Penjelasan tentang apa itu hosting akan menjadi pembahasan kita kali ini. Apa itu hosting?

Hosting adalah tempat atau media yang berfungsi untuk menyimpan segala file yang ada pada suatu website dengan tujuan agar  website tersebut dapat diakses secara sempurna melalui internet.

Atau bisa juga diartikan sebagai platform penyewaan tempat untuk mewadahi data-data yang dibutuhkan oleh website agar website yang bersangkutan dapat diakses via Internet. 

Data-data yang dimaksud bisa berupa file, gambar, video, aplikasi, program, script, plugin, dan lain sebagainya. Dengan kata lain, hosting adalah wadah yang digunakan untuk menyimpan dan menampung semua data yang dibutuhkan pada sebuah website.

Bahasa yang lebih familier dikalangan pengguna website, hosting yang dipergunakan untuk keperluan website sering juga disebut sebagai Web Hosting. 

Web hosting ini banyak digunakan untuk berbagai keperluan seperti pusat data e-mail, penyimpanan serta aplikasi pada website, dan lain sebagainya.

Kapasitas web hosting sendiri pastinya besar, memiliki server handal, dan didukung dengan jaringan internet berkecepatan tinggi, sehingga memungkinkan untuk diakses selama 24 jam penuh.

Macam-Macam Hosting

apa itu hosting

Jika kita berniat untuk memiliki hosting sendiri, ada beberapa macam tipe hosting yang bisa dipilih, semuanya disesuaikan dengan kebutuhan kita. Mari kita bahas satu per satu. 

Pertama adalah shared hosting. Shared hosting adalah tipe hosting yang paling umum digunakan. Di tipe ini, satu hosting akan digunakan dengan sistem dibagi ke beberapa website, memungkinkan satu hosting untuk bisa digunakan oleh beberapa website bersama. 

Jadi semua website yang bersangkutan bisa menggunakan hosting yang sama. Biaya yang harus dikeluarkan juga terhitung lebih murah. Ibaratnya seperti Anda melakukan pembayaran secara patungan untuk membeli satu barang tertentu.

Semakin banyak orang yang ikut patungan, tentunya harga barang akan menjadi lebih murah. Dengan kata lain, jika menggunakan sistem shared hosting ini, pembayaran biaya sewanya akan dibagi dengan beberapa anggota hosting yang sama, maka sewa hosting akan lebih murah. 

Tipe kedua adalah dedicated hosting. Dedicated hosting adalah tipe hosting dimana satu web hosting yang hanya dipakai untuk satu pengguna saja. Dedicated hosting ini biasanya populer di kalangan perusahaan besar seperti e-commerce dan juga marketplace. 

Keuntungan dari penggunaan dedicated hosting ini adalah adanya kebebasan dalam penggunaannya. Karena tipe hosting ini adalah milik sendiri makanya pengguna juga berhak untuk mengubah ataupun mengutak-atik hosting sesuka hati. 

Tipe ketiga adalah VPS hosting, tipe ini hampir sama dengan shared hosting, yaitu penggunaan satu hosting untuk dipakai dengan banyak pengguna website. Bedanya adalah dalam pengaturan konfigurasi hostingnya. 

Shared hosting hanya memungkinkan Anda untuk menyewa hosting saja dengan tanpa bisa mengatur konfigurasi hosting, sementara di VPS hosting, pembagian sumber daya bisa diatur sesuai dengan kebutuhan website.

Walaupun pada dasarnya bisa merepotkan karena cara penggunaan VPS hosting yang lebih rumit, tapi jenis hosting ini juga patut dicoba, namun Anda harus mempelajari tentang pengaturan sumber daya dalam hosting terlebih dahulu.

Tipe hosting keempat adalah cloud hosting. Tipe hosting ini adalah tipe yang sering dipakai oleh berbagai website karena sistemnya yang memungkinkan website Anda tetap dalam kondisi stabil.

Website Anda nantinya akan disimpan di beberapa server virtual, dengan tujuan misalkan ada suatu waktu dimana satu server ada yang mati, server yang lain akan tetap membuat website Anda tetap online. 

Pemilihan tipe hosting sendiri bebas tetapi tetap harus disesuaikan dengan kebutuhan website Anda.

Apakah Anda adalah tipe blogger, maka tidak ada salahnya mencoba shared hosting agar biaya bisa lebih terkontrol. Ataukah Anda ingin membuat website dengan koneksi yang selalu stabil, maka pilihan tepat bagi Anda adalah cloud hosting.

Bagaimana Cara Mendapatkan Hosting?

apa itu hosting

Salah satu cara yang paling mudah untuk bisa memiliki dan menggunakan hosting adalah dengan cara menyewa hosting terlebih dahulu. 

Banyak website jasa penyedia hosting yang tersebar di internet, mulai dari yang harganya terjangkau sampai yang berkategori mahal ada semua. Tinggal ketik kata kunci di internet misalnya “sewa hosting” maka jasa yang Anda cari akan seketika muncul.

Penyewaan hosting ini dimungkinkan apabila kita menghendaki web hosting dengan nama yang lebih khusus, misalnya menggunakan nama perusahaan. 

Apabila mungkin keuangan kita dalam kondisi terbatas atau kita memang menghendaki penggunaan hosting tanpa biaya alias gratis, ada beberapa jasa penyewaan hosting yang juga menawarkan jasa ini.

Kita bisa langsung mencarinya di internet dengan beberapa kata kunci seperti “hosting gratis” lalu akan ada beberapa pilihan yang bisa dipelajari. Beberapa website populer bahkan ada yang langsung menawarkan penyewaan hosting secara gratis untuk penggunaan di tahun pertama.

Hubungan Antara Hosting Dan Domain

apa itu hosting

Baca juga: Apa Itu Domain? Pentingnya Domain

Hosting sendiri adalah hal yang tidak bisa terpisahkan dari domain. Tanpa kedua syarat itu, yaitu hosting dan domain, sebuah website tidak akan berjalan dengan sempurna. 

Ibaratnya seperti Anda akan membangun sebuah toko. Setelah memiliki nama dan alamat dari toko tersebut, maka bisa juga kita sebut sebagai domain.

Anda juga harus memiliki tempat yang bisa Anda gunakan secara gratis ataupun sewa untuk meletakkan barang yang akan Anda jual. Tempat yang kita gunakan untuk menampung barang-barang inilah yang kita sebut sebagai hosting.

Jadi, Apa Itu Hosting?

Mari kita simpulkan kembali, apa itu hosting? Hosting adalah wadah ataupun tempat yang digunakan untuk menyimpan dan menampung semua data yang dibutuhkan pada sebuah website. Data-data yang dimaksud berupa file, gambar, aplikasi, program, script, dan lain-lain. 

Semoga penjelasan tentang apa itu hosting yang sudah kita bahas sebelumnya bermanfaat.

One thought on “Apa Itu Hosting? Seberapa Penting Perannya

Leave a Reply