Panduan Membuat Website

Apa Itu Domain? Pentingnya Domain Dalam Website

Apa Itu Domain?

Pembuatan website apapun, tidak akan terlepas dari yang namanya domain. Kali ini kita akan membahas tentang apa itu domain. Mungkin ada sebagian dari Anda yang sudah tahu apa itu domain. Mari kita bahas.

Domain adalah nama atau juga bisa disebut sebagai alamat dari suatu website. Fungsinya adalah untuk mempermudah orang lain yang ingin berkunjung ke website Anda atau dengan kata lain untuk mengarahkan para pengunjung ke suatu website yang mereka tuju.

Tanpa domain, orang yang ingin berkunjung ke suatu website tertentu pastinya akan kesulitan. Kita bisa saja memasukkan alamat IP seseorang untuk mengakses dan membuka website, hanya, alamat IP biasanya sangat panjang dan sulit untuk diingat.

Maka dari itu kita menggunakan alamat domain. Untuk mencari alamat website tertentu, Anda tinggal memasukkan alamat domainnya di browser saja. Nantinya website yang Anda tuju akan langsung tertera di layar.

Baca juga: Cara Membuat Website Gratis Menggunakan WordPress

Pembagian Domain

Perlu diketahui bahwa satu nama domain dari suatu alamat website sendiri merupakan gabungan dari beberapa bagian. Mari kita bahas satu per satu. Bagian pertama adalah yang kita sebut sebagai Top Level Domain (TLD) yaitu susunan huruf terakhir setelah tanda titik dari sebuah domain. TLD sendiri dibagi menjadi dua jenis. 

Pertama Global Top Level Domain (gTLD) adalah TLD yang berfungsi untuk menaungi berbagai keperluan umum, misalnya seperti .com, .net, .org, dan .gov. Tiap ekstensi juga memiliki kegunaannya masing-masing, misalnya seperti .com yang biasanya digunakan untuk keperluan komersial, atau .org yang biasanya digunakan untuk keperluan organisasi. 

Jenis kedua adalah Country Code Level Domain (ccTLD) yaitu domain yang digunakan khusus di suatu negara saja, misalnya .id, .uk, dan .kr Misalnya seperti varian website di Indonesia.

Banyak perusahaan yang menggunakan variasi domain .id untuk identitas website perusahaan mereka. Misalnya seperti .ac.id yang biasanya digunakan untuk website di lingkungan akademik ataupun di perguruan tinggi, lalu ada juga ekstensi .co.id yang biasanya digunakan untuk organisasi komersial perusahaan. 

Untuk identifikasi TLD, misalnya kita ambil contoh alamat website www.google.com, maka TLD dari alamat tersebut adalah .com Bagian kedua yaitu yang disebut Second Level Domain adalah bagian yang ditulis sebelum TLD. Kita misalkan dengan alamat sebelumnya www.google.com, bagian SLD-nya adalah Google.

Lanjut ke bagian ketiga yaitu Third Level Domain, yaitu susunan kata sebelum SLD dari sebuah alamat website. 

Misalnya dalam alamat www.google.com, maka Third Level Domain di sini adalah www. Ada juga yang disebut sebagai subdomain yang menjadi bagian dari domain utama, biasanya terletak di sebelah kiri dari nama domain. 

Pembuatan subdomain ini bertujuan untuk mendapatkan fungsi yang berbeda dengan website utamanya. Misalkan seperti subdomain mail.google.com yang difungsikan agar Anda bisa langsung diarahkan ke e-mail Anda di Google ketika menuliskan alamat ini di browser. 

Yang perlu diingat bahwa nama domain yang dipilih bebas dengan ketentuan bahwa satu nama domain hanya bisa dipakai oleh satu orang saja.

Cara Memiliki Alamat Domain Sendiri

Jika Anda menghendaki alamat domain Anda sendiri, maka Anda perlu untuk mendaftarkan nama domain yang Anda kehendaki tersebut. Domain nantinya akan terdaftar di organisasi yang disebut ICANN, yaitu singkatan dari Internet Corporation for Assigned Names and Numbers yang akan menentukan ekstensi domain apa saja yang bisa digunakan. 

Contoh ekstensi seperti alamat website sebelumnya yaitu www.google.co.id. Dalam hal ini, Anda akan mendaftarkan nama Google sebagai nama website Anda dan .co.id sebagai ekstensinya. Nama domain dan juga ekstensi dalam hal ini tentu saja bisa terserah sesuai dengan keinginan Anda. 

Berapa Biaya Yang Dibutuhkan Untuk Membuat Satu Alamat Domain?

Untuk biaya pembuatan alamat domain seadiri bermacam-macam. Banyak website yang menawarkan jasa untuk pembuatan alamat domain ini dan biasanya dibayar satu kali untuk penggunaan.

Harga yang ditawarkan juga beragam tergantung budget yang bisa Anda keluarkan. Jika memang menghendaki alamat domain dengan nama khusus sesuai nama yang Anda inginkan, harga pasti tidak jadi masalah. 

Namun jika Anda menginginkan memiliki domain dengan harga minimal bahkan gratis, banyak juga jasa yang bisa digunakan.

Anda bisa mulai mencarinya via browser, bisa ketikkan kata seperti “Domain murah” atau bisa juga menggunakan “Domain gratis” untuk bisa memiliki alamat domain secara cuma-cuma, dengan catatan, ekstensi yang Anda pakai akan ditentukan oleh website pemberi jasa domain gratis, misalnya ekstensi seperti .co.cc.

Ketentuan Pembuatan Alamat Domain

Dalam membuat alamat domain, tentunya harus memperhatikan beberapa ketentuan berikut ini. Pertama adalah singkat. Maksimal penggunaan karakter untuk domain adalah dua puluh karakter. Gunakanlah karakter secukupnya. Anda bisa mengambil nama domain dari kata yang Anda sukai, tapi usahakan jangan terlalu panjang. Jika terlalu panjang, nama domain Anda akan susah diingat.

Penggunaan ekstensi juga berpengaruh untuk website Anda. Gunakan ekstensi populer seperti .com, .net, .org atau jika Anda menginginkan ekstensi yang lain daripada yang lain, Anda bisa mencoba .xyz. Pilih yang paling sesuai dengan kepentingan Anda. 

Ketentuan lainnya adalah nama domain Anda harus mudah dieja. Penggunaan istilah yang umum dipakai akan sangat menguntungkan. Usahakan juga untuk tidak menggunakan simbol yang tidak perlu seperti tanda strip dan sebagainya untuk mempermudah orang yang ingin berkunjung ke website Anda. 

Anda juga bisa menggunakan nama pribadi sebagai alamat domain Anda, seperti yang biasa dijadikan alamat fans club dari seorang artis. Atau Anda bisa juga membuat alamat domain sesuai dengan tujuan dari pembuatan website itu sendiri, misalnya seperti makankenyang.com atau belajarinternet.com dan lain sebagainya.

Kesimpulannya, Domain Adalah

Jadi, apa itu domain? Domain adalah nama atau juga bisa disebut sebagai alamat dari suatu website yang berfungsi  untuk mempermudah orang agar bisa mengunjungi website Anda. Atau dengan kata lain, domain berfungsi untuk mengarahkan para pengunjung ke suatu website tujuan.

Domain ibarat seperti alamat dari suatu bangunan atau tempat yang terdiri dari nama website, misalnya Google dan ekstensi dari nama domain tersebut, misalnya .co.id Registrasi nama domain sendiri dikelola oleh ICANN yang merupakan singkatan dari Internet Corporation for Assigned Names and Numbers, di sini akan ditentukan, ekstensi domain apa saja yang bisa Anda digunakan. Fungsi dari domain sendiri adalah untuk mengarahkan pengunjung ke website yang dikehendaki dengan lebih mudah. 

Domain yang paling populer adalah domain dengan ekstensi .com karena digunakan sekitar 46% website dunia. Pendaftaran domain tersedia dalam versi berbayar dan versi gratis, pilih sesuai kebutuhan. Proses pendaftaran domain juga berbeda tergantung website jasa domain yang kita kunjungi. Jangan lupa untuk mengecek ketersediaan nama domain yang Anda kehendaki. Fitur ini biasanya tersedia di setiap website penyedia jasa domain. 

Jika Anda sudah memahami apa itu domain dan tertarik untuk membuat website, maka baca juga postingan saya tentang postingan paling populer di kalangan blogger sebagai bahan referensi arah dan tujuan website Anda.

Semoga penjelasan tentang apa itu domain yang sudah dibahas sebelumnya bermanfaat.

Show More

Uji Yadi

Seorang amatiran yang selalu ingin belajar serta senang berbagi kepada siapa pun

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close